Oleh: islam feminis | November 12, 2007

Selamat, Hari ini Hari-mu wahai Putri-ku!

888420_daffodils.jpg

Mungkin di beberapa kawasan, masih terdapat budaya salah, yaitu memiliki anak perempuan tidak sebahagia ketika memiliki anak laki-laki. Hal ini, masih terjadi di beberapa negara Timur-Tengah. Walaupun budaya tersebut akarnya kembali ke budaya Arab Jahiliyah yang menomorduakan anak perempuan, bukan dari Islam. Dan tidak semua budaya yang berada di negara-negara Arab mesti berasal dari Islam. Oleh karenanya, Arab tidak selalu identik dengan Islam. Islam datang dan telah berupaya mengikis budaya salah tersebut dengan menganugerahkan manusia terkasih-Nya (Muhammad Rasulullah SAWW) seorang puteri, Fathimah az-Zahra AS.

 

——————————————-

 

Selamat, Hari ini Hari-mu wahai Putri-ku!

Kemarin, sewaktu putri kami baru pulang dari sekolah, tiba-tiba ia berkata kepada kami: “Mama, abah, mana hadiah untukku? Esok hari khan ialah hari para putri. Kata ibu guru, besok kami (di sekolah putri kami khusus anak perempuan saja, karena di Iran dari jejang pendidikan SD sampai SMA murid laki-laki dan perempuan dipisahkan) boleh mengenakan baju bagus karena di sekolah akan diselenggarakan perayaan ‘Hari Anak Perempuan’ ”, ujarnya sembari tersenyum. Kami malah lupa jika besok merupakan salah satu hari besar dan penuh berkah.

Hari ini, tepatnya tanggal 1 Dzulkaidah HQ merupakan hari lahirnya perempuan suci nan mulia. Beliau adalah Sayidah Fathimah Maksumah AS, putri termulia dan teragung Imam Musa Kadzim AS dan saudari Imam Ridho AS (Imam ke-8). Beliau wafat pada usia muda dan belum menikah. Oleh karena itu, di Iran, hari kelahir beliau dijadikan sebagai ‘Hari Anak Perempuan’.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAWW bersabda bahwa anak perempuan merupakan kebaikan (hasanah) dan rahmat, sedang anak laki adalah nikmat. Allah SWT akan mempertanyakan nikmat yang Ia berikan, sedang rahmat-Nya adalah tambahan dari anugerah kebaikan dari-Nya. Mungkin di beberapa kawasan, masih terdapat budaya salah, yaitu memiliki anak perempuan tidak sebahagia ketika memiliki anak laki-laki. Hal ini, masih terjadi di beberapa negara Timur-Tengah. Walaupun budaya tersebut akarnya kembali ke budaya Arab Jahiliyah yang menomorduakan anak perempuan, bukan dari Islam. Dan tidak semua budaya yang berada di negara-negara Arab mesti berasal dari Islam. Oleh karenanya, Arab tidak selalu identik dengan Islam. Islam datang dan telah berupaya mengikis budaya salah tersebut dengan menganugerahkan manusia terkasih-Nya (Muhammad Rasulullah SAWW) seorang puteri, Fathimah az-Zahra AS.

Dalam Islam, seorang anak apapun jenis kelaminnya tidaklah ada bedanya, keduanya merupakan amanah Allah SWT yang harus dijaga dan dikembalikan amanah tersebut kepada pemiliknya dengan selamat. Yang terpenting ialah bagaimana mendidik dan membesarkan anak tersebut sehingga ia akan menjadi manusia yang berguna bagi agama, bangsa dan negaranya. Menjadikannya sebagai anak yang soleh yang merupakan hiasan dan cahaya mata bagi kedua orang tua. Anak yang soleh merupakan simpanan berharga bagi orang kelak di hari setelah kematian.

Anak laki-laki, sebagaimana anak perempuan, apabila tidak dibesarkan dan dididik dengan benar maka sewaktu ia telah besar akan menjadi fitnah dan bencana bagi kedua orang tua. Oleh karena itu, bekerja keraslah kita dalam mendidik dan membesarkan anak-anak kita dengan nilai-nilai yang mulia dan moral, sehingga sewaktu besar ia akan menjadi kebanggaan dan cahaya mata kita di dunia dan akhirat. Amiin.

NB: Bagi yang ingin mengenal kehidupan Sayidah Fathimah Maksumah AS, silahkan lihat kembali tulisan kami di rubrik profil yang berjudul, ‘Biografi Singkat Sayidah Fathimah Maksumah’. 


Responses

  1. Alhamdulillah, kami memiliki tiga mutiara yg cantik2 yang merupakan amanat bagi kami untuk mendidik, merawat serta menjaganya.
    1. Nicky Rasyidah Hakkinen
    2. Syahzanan Nevalainen
    3. Zahra Qurrata ‘Aini Routsalainen

    Insya Allah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: