Oleh: islam feminis | September 22, 2007

Hawa Penyebab Keluarnya Adam dari Sorga? (Bag-2)

 crystalquran.jpg

Ketika saya membuka-buka kembali kitab suci al-Quran, mata saya tertuju pada surat al-A’raf ayat 27 dimana dengan sangat gamblang menjelaskan tentang hal ini. Dalam ayat ini, Allah swt mengatakan bahwa Setan-lah yang telah mengeluarkan Adam dan Hawa dari surga.

——————————————-

Hawa Penyebab Keluarnya Adam dari Sorga? (Bag-2)

(Argumen Teks Penguat Terakhir)

 

Namun begitulah kenyataannya di berbagai ayat-ayat suci al-Quran, pedoman primer orang yang mengaku sebagai muslim. Sepintas, sepertinya saya ini sangat berambisius sekali mengafirmasikan bahwa bukanlah Hawa yang telah membuat Nabi Adam as terusir dari surga, seperti mitos yang kita dengar selama ini. Mitos yang tidak bersumber dari sumber-sumber primer dan sekunder kaum muslimin yang dapat dipertangggungjawabkan melalui jalur ilmiah. Sebagaimana pada artikel-artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang tema ini dengan melihat pandangan al-Qur’an dan kitab Perjanjian Lama dengan membuat perbandingan di antara keduanya. Konklusi dari kajian komparatif antara kedua kitab suci ini ialah bahwa dalam kitab Perjanjian Lama, Hawa (Eva) sebagai penyebab terusirnya Nabi Adam as dari surga. Sedang kitab suci al-Qur’an dengan tegas telah menafikan hal itu, dan menganggap Setan sebagai penyebab terusirnya mereka.

Ketika saya membuka-buka kembali kitab suci al-Quran, mata saya tertuju pada surat al-A’raf ayat 27 dimana dengan sangat gamblang menjelaskan tentang hal ini. Dalam ayat ini, Allah swt mengatakan bahwa Setanlah yang telah mengeluarkan Adam dan Hawa dari surga; “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia Telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya kami Telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman”.

Al-Qur’an dengan sangat jelas mengatakan bahwa Setan-lah yang telah mengeluarkan ibu-bapa manusia yakni Adam as (dan Hawa) dari surga, bukan Hawa, ibu kaum manusia. Dan ketika kita dapati beberapa hadis-hadis –yang tidak ada jaminan kebenaran dan keterjagaannya dari pendustaan- yang sebagai sumber sekunder (pasca al-Quran) yang bertentangan dengan al-Quran yang dijamin keotentikannya dan keterjagaannya dari pendustaan, maka saya kira sepakat semua kelompok muslimin dalam menindaklanjuti hadis-hadis israiliyat semacam itu, membuangnya jauh-jauh dari ensiklopedia hadis Nabi saww.

(ED)


Responses

  1. Hahaha.. Wong nabi Adam itu memang sudah ditakdirkan keluar dari sorga kok..

    ———————-

    Islam Feminis:
    Hm…Jika segala sesuatu (fenomena) dilarikan ke pembahasan “Takdir Tuhan” maka tidak akan pernah ada pembahasan ilmiah mas…termasuk keberadaan anda di dunia ini, yang hasil pernikahan ibu-bapak anda. he he he…Tetapi kenapa dan bagaimana, itu yang jadi pokok bahasan kita.

  2. dua duanya menurut ana bener.
    ana pernah baca di sebuah atsar, yang menyatakan bahwa “Nabi Musa bertanya kepada Nabi Adam “wahai Nabi Adam, jika dulu engkau tidak memakan buah yang dilarang, manusia tidak akan menghadapi kepayahan di dunia” lalu Nabi Adam berkata “Bagaimana mungkin aku melawan apa yang sudah ditetapkan Allah 40 ribu tahun sebelum aku diciptakan ?””
    ana lupa tentang asal usul atsar ini, yang jelas, ana juga pernah denger salah satu ustad ana bilang gitu juga.

    Sedangkan, ya itu, kalo masalah pembahasan ilmiah, tentu saja bisa dikatakan seperti yang ditulis diatas.

    dua duanya hebat, dua dua nya bener.

  3. mmm… Mbak… Agus Mustofa menulis buku “Adam Tak Diusir Dari Surga”. Mungkin bisa jadi salah satu referensi Mbak. Salam hangat dan Selamat Idul Fitri🙂

  4. loh bukannya sebelum adam diciptakan Allah telah berfirman pada surat Al-Baqarah bahwa Allah memang merencana menciptakan manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi.

    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (2:30)

    adam keluar dari surga karena memakan buah kuldi itukan hanya hukum sebab-akibat saja.

    jadi tampa menuruti ajakan siti hawa, tampa terpengaruh dengan rayuan saitan, tampa memakan buah kuldipun, allah menciptakan manusia untuk menjadi khalifah dimuka bumi.

    ———————–

    Islam Feminis:

    Benar sekali apa yang telah anda ungkapkan itu, dan saya telah membahasnya di bagian pertama kajian topik ini…silahkan membacanya!?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: