Oleh: islam feminis | Juli 20, 2007

Pemerintah Wajib Mendorong Pemenuhan Kuota Perempuan di Legislatif

Pemerintah harus mendorong terpenuhinya kuota 30 persen perempuan di legislatif karena tugas pemerintah adalah untuk menjamin perlakuan adil dan tidak diskriminatif terhadap perempuan…


————————————————————–

 

Pemerintah Wajib Mendorong Pemenuhan Kuota Perempuan di Legislatif



Pemerintah harus mendorong terpenuhinya kuota 30 persen perempuan di legislatif karena tugas pemerintah adalah untuk menjamin perlakuan adil dan tidak diskriminatif terhadap perempuan, sesuai dengan Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan (CEDAW) yang diratifikasi oleh Pemerintah lewat UU No.7/1984.

“Pasal 4 CEDAW menyebutkan mengenai ‘affirmative action’ bahwa negara wajib membuat kebijakan khusus terkait kondisi sementara di negara tersebut,” papar Komisioner Reformasi Hukum Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Sri Wiyati Eddyono di Jakarta, Kamis.

Saat ini, Sri menilai bahwa kondisi politik di Indonesia kurang kondusif bagi perempuan untuk ikut berkiprah, sehingga kuota 30 persen menjadi salah satu solusi yang dapat mendorong lebih banyak keterlibatan perempuan diranah politik. “Kalau bisa tidak hanya 30 persen tapi lebih dari itu,” lanjut Sri. Kuota bukanlah satu-satunya hal yang patut mendapat perhatian jika menyangkut keterlibatan perempuan di politik, namun persiapan yang dilakukan untuk dapat memenuhi hal tersebut.

“Kuota itu sebenarnya memaksa, tapi dalam rangka CEDAW itu benar. Di Indonesia masih ada hambatan kultural bagi  perempuan untuk terlibat dalam politik, jadi memang tugas pemerintah untuk merubah budaya politik tersebut,” papar Sri.  Pada akhirnya, keterlibatan lebih jauh perempuan diranah politik diharapkan dapat berpengaruh terhadap kebijakan publik yang dinilai bersifat diskriminatif terhadap perempuan, demikian Sri.

[Sumber: http://www.republika.co.id/online%5D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: