Oleh: islam feminis | April 16, 2007

Pesan Seorang Dokter Spesialis Kandungan

10gadis2_s.jpg 

Oleh karenanya salah satu penghambat kebebasan berbusana muslimah untuk berkarier, maju dan beraktifitas hanyalah lingkungannya yang kurang sehat, bukanlah busana. “Busana muslimah bukan hanya merupakan symbol keislaman, namun lebih dari itu, ia perwujudan dari penjagaan jati diri insani perempuan. Busana muslimah bukan bentuk pemenjaraan perempuan, namun pembebasan. Di balik busana muslimah, perempuan dikenal siapa jati dirinya, bukan tubuhnya”.

 

——————————————-                                             

 Pesan Seorang Dokter Spesialis Kandungan 

 

Di kota yang kami tinggali, terdapat banyak dokter spesialis kandungan yang kesemuanya (yang saya tahu selama ini) adalah perempuan. Dan sebagaimana dikenal oleh dunia, Iran banyak mengalami kemajuan dalam bidang kedokteran, mulai dari penemuan obat Talasemia, Aids hingga mengatasi masalah kemandulan. Banyak para ibu yang berhasil mengobati masalah kandungannya dan berhasil memiliki anak.

“Suatu hari saya mengantar teman untuk cek kandungan. Bayaran dokter spesialis kandungan jika dirupiahkan kurang lebih jumlahnya 50 ribu Rupiah. Itupun, sebagian pembayaran akan diganti oleh asuransi kesehatan yang dimiliki oleh mayoritas penduduk Iran. Saya hanya akan menceritakan ucapan dokter perempuan tersebut yang selalu terngiang di ingatanku. Setelah giliran kami tiba, kami pun memasuki ruangan dokter. Namun sebelum tiba giliran temanku, ada seorang ibu hamil berumur 40 tahun lebih mengadu kepada dokter bahwa suaminya malu jika ia hamil lagi pada usia ini. Katanya sudah tua, bukan waktunya lagi punya anak, tapi harusnya menggendong cucu. Mendengar hal itu, dokter berkata kepadanya: “Katakan pada suamimu, kenapa mesti malu? Kalau memang mampu memiliki anak agak banyak dan dapat mendidiknya, kenapa tidak mau? Karena Imam Mahdi as (Imam ke-12) memerlukan banyak bala tentara untuk memerangi kebathilan. Kalau kita mampu mendidiknya hingga menjadi anak yang soleh dan taat beragama kenapa hanya memiliki anak sedikit?”

Yang membuatku salut pada dokter tersebut, disamping karena ia orangnya amat ramah, pinter dan kadang juga memberi saran para pasiennya, sehingga mereka kembali dengan penuh keceriaan dan bahagia. Keimanannya terpancar darinya. Menurut saya keimanan dan ketaatan pada agama tidak menghalangi kemajuan. Justru keimanan kepada Allah swt akan membantu seseorang menuju kemajuan spritualitas, moralitas dan intelektualitas.  Busana muslimah sebagai bentuk pengejawantahan ketaatan pada Allah SWT, tidak pernah bertentangan dengan kemajuan dan kebebasan perempuan. Para perempuan muslimah Iran telah membuktikannya. Mereka ikut terjun dalam berbagai bidang ekonomi, politik, keilmuan, olahraga, sosial dan lainnya, dengan tetap mengenakan busana muslimah.

Oleh karenanya salah satu penghambat kebebasan berbusana muslimah untuk berkarier, maju dan beraktifitas hanyalah lingkungannya yang kurang sehat, bukanlah busana. “Busana muslimah bukan hanya merupakan symbol keislaman, namun lebih dari itu, ia perwujudan dari penjagaan jati diri insani perempuan. Busana muslimah bukan bentuk pemenjaraan perempuan, namun pembebasan. Di balik busana muslimah, perempuan dikenal siapa jati dirinya, bukan tubuhnya”. [Euis Daryati]       


Responses

  1. Enaknya,, di Iran dokter obgynnya banyak cewe ya,,??

    anw, itu kalimat persuasif yang hebat dari dokternya,, salut,, (Ma bisa kaya gitu ga ya??)

    ————————-
    Muslimah:

    Makasih Mbak Rizma, selalu mengunjungi blog kami, mudah-mudahan dapat bermanfaat buat para perempuan lainnya.
    Iya, Dr kandungannya mayoritas mutlak perempuan. bagiamana tidak para perempuan mau mengecek perkara yang sangat sensitif masa’ ke laki-laki? nanti akan kita sebutkan kondisi Iran bagaimana yang jarang dipubliksikan oleh orang-orang. sayangnya yang diekspos hanya yang negatifnya saja yg seringnya tdk sesuai dengan kenyataan.
    Mbak Rizma pasti bisa seperti itu, karena kita sekarang memerlukan para aktifis seperti itu.

  2. Semoga ada dokter spesialis kebidanan muslimah yang membaca ini, dan mau mengambil itibar dan mengaplikasikannya dengan bergabung di rumah sakit yang Islami di Kota Serang dengan teknologi yang tercanggih di wilayahnya dan Insya Allah dengan masjid yang besar siap untuk dipakai mendukung dawah integral. Insya Allah januari operasional

  3. coba ja y di indonesia kaya di sana sehingga anggka kematian ibu dan anak bisa teratasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: